Senin, 19 Desember 2011

tugas online SIM

TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

1.  "Telekomunikasi merupakan Penyampaian informasi dari satu simpul dengan simpul lainnya yang berjarak jauh dengan menggunakan bantuan peralatan khusus ( modem, telepon, satelit dll )".
Jenis jaringan : LAN, MAN, WAN.
2.Jaringan Komputer merupakan sistem yang terdiri dari komputer beserta perangkat-perangkat lainnya yang bekerja secara bersama yang terhubung melalui kabel-kabel. Informasi seta data-data komputer dimungkinkan untuk saling bertukar dengan menggunakan kabel atau tidak (wireless). Tujuan-tujuan serta pemanfaatan dari JarKom antara lain:
1.      Membagi sumber daya (sharing resources)
2.      Komunikasi
3.      Akses informasi
4.      Bagi pakai software
5.      Akses Internet bersama



3. Local Area Network (LAN)Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah  gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali  digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam   kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya   (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi. Sedangkan Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang  luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan  mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Wireless LAN adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung melalui tanpa kabel. Local Area Network dari komputer maupun dari peralatan lainnya dapat dikembangkan lewat sinyal radio atau gelombang cahaya. Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data tanpa adanya membutuhan kabel untuk saling menghubungkan. Akibatnya pengguna mempunyai fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi.

Dizaman era globalisasi ini sudah banyak tempat - tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi yang biasa disebut dengan hotspot. Dengan hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (hotspot) terdekat.

Kelebihan dari WLAN :
1. Mobilitas Tinggi
2. Kemudahan dan kecepatan instalasi
3. Menurunkan biaya kepemilikan
4. Fleksibel
5. Scalable

Kekurangan dari WLAN :
1. Delay yang besar
2. Biaya peralatan mahal
3. Adanya masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul, dan banyak sumber interferensi
5. Kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum
6. Keamanan / kerahasiaan data kurang terjamin

5. Client server yaitu yaitu JarKomputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.comyang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya

1 komentar:

  1. the answer for server and client was still simple, you must more explore. and please read more for preparing final exam

    thanks

    your score +2

    BalasHapus