Minggu, 23 Oktober 2011

Tugas ke 4

TUJUAN KEAMANAN INFORMASI


Keberadaan dari suatu informasi itu sangat penting. Untuk itu dibutuhkan keamanan yang bisa menjaga sebuah informasi tersebut agar setiap informasi bisa tepat pada sasaran.Keamanan dari sebuah informasi juga perlu untuk melindungi informasi tersebut dari orang-orang yang tidak memiliki otoritas. Sebuah contohnya yaitu informasi suatu perusahaan yang ingin melaksanakan kenaikan gaji bagi karyawannya. Informasi tersebut harus tetap terjaga kerahasiaannya sebelum Surat Keputusan keluar. Jika tidak, maka akan menimbulkan keributan karyawan yang menuntut kenaikan gaji, bahkan bisa sampai terjadi demo jika informasi tersebut sudah bocor dan tidak terlaksana.

Seorang manager memang membutuhkan informasi yang tepat dan akurat. Sebab informasi itu adalah dasar bagi seorang manager dalam mengambil suatu keputusan. Oleh sebab itu informasi sangatlah penting.
Suatu informasi jika tidak aman, bukan tidak mungkin informasi tersebut di manipulasi.Maka sebaiknya informasi di pasang sistem keamanan.

Tahapan-tahapan dalam mengamankan informasi :
1. Memasang Security System agar sistem tersebut tidak bocor pada orang-orang yng tidak memiliki otoritas.
2. Menjaga informasi tersebut tetap pada tempatnya. Maksudnya yaitu apabila orang-orang yang mengetahui informasi tersebut tidak diperkenankan untuk menyebarluaskannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
3. Untuk sistem keamanan yang lainnya dapat dipasang anti virus agar informasi tersebut tetap terjaga dengan aman.

1 komentar:

  1. good answer, but for point 2 please more describe and gave examples.

    thanks

    your score +2

    BalasHapus