Sabtu, 15 Oktober 2011

Tugas 3

Langkah Pengambilan Keputusan


Pengambilan keputusan adalah proses pemilihan alternatif solusi untuk suatu masalah. Dalam pengambilan keputusan, masalah adalah suatu kondisiyang tidak sesuiai dengan yang di harapkan. 
Jenis-jenis keputusan :
Terdapat beberapa jenis keputusan dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan keputusan yang harus di ambil oleh level manajemen diperusahaan jenis keputusan terdiri dari :
1. Keputusan strategis yaitu keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dalam sebuah perusahaan.
2. Keputusan taktis adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen menengah
3. Keputusan operasional adalah keputusan yang dibuat oleh tingkatyan manajemen yang paling bawah.

Berdasarkan tersedianya pemecahan masalah, jenis keputusan yang biasanya muncul adalah :
1. Keputusan terprogram. Keputusan ini terkait dengan kebiasaan, aturn, dan prosedur. Dalam hal ini kondisi yang dihadapi semuanya dapat diketahui dengan pasti.
2. Keputusan tidak terprogram. Keputusan tidak terprogram ini adalah keputusan yang tidak mempunyai, suatu aturan yang baku, tergantung pada jenis masalahnya. Biasanya masalah yang membutuhkan keputusan tidak terprogram ini terjadinya tidak dapat diprediksi.
3. Keputusan tidak terstruktur disebut tidak terstruktur karena tidak diketahui pemecahannya karena ketidakjelasan masalahnya.

Pada sebuah perusahaan keputusan tidak terstruktur banyak berhubungan dengan manajer tingkat atas karena biasanya dibutuhkan sebuah keputusan yang tidak terduga, dan dibutuhkan pengambilan secara cepat. biasanya keputusan ini di ambil dan hanya dapat dilakukan oleh manajer tingkat atas. biasanya ini terjadi pada masalah yang jarang terjadi, atau mungkin baru kali itu terjadi. karena manajer tingkat atas yang memiliki kemampuan di bidangnya dan yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan dan juga bertanggung jawab penuh atas keputusan yang diambilnya.

Sedangkan untuk keputusan terstruktur biasa berhubungan dengan manajer bawah karena biasanya ini tidak diperlukan pengambilan keputusan yang bersifat dadakan. biasanya keputusan ini yang berkaitan dengan prosedur, kebiasaan dan aturan. sehingga sudah sering terjadi, jadi tidak diperlukan turun tangan dari manajer atas.




1 komentar: